Kamis, 01 Juli 2010

STRATEGI BERMAIN DENGAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Priwahyu Hartanti
Guru Matematika SMK Negeri 1 Jember
Mhs. Program Pend. Matematika PPS Univ.Negeri Malang
ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perolehan hasil belajar siswa melalui strategi bermain dengan alam. Subjek penelitian ini adalah 38 siswa kelas X MM SMK Negeri 1 Jember tahun 2007/2008. Langkah-langkah penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart dimana setiap siklus tindakan meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran dan pengamatan terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian digambarkan dengan menganalisis data kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini terlaksana dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika pada konsep Geometri dimensi tiga dengan menerapkan strategi bermain dengan alam dapat meningkatkan perolehan hasil belajar siswa, yaitu sebanyak 78,79 % siswa tuntas belajar. Selain aspek kognitif siswa meningkat, soft skills siswa juga meningkat yaitu dengan berkembangnya aspek afektif dan psikomotor.

PGRI DAN POLITIK


Oleh: Dimyati*

            Manuver PGRI menyangkut pilkada: dialog dengan calon Bupati di Unmuh Jember dan pernyataannya tentang kreteria calon Bupati yang ideal, tak ayal menimbulkan kontroversi, baik dari kalangan luar maupun anggota PGRI. Sebagian melihat, bahwa PGRI sudah merambah kedua politik dan berlaku tidak netral. Organisasi ini mulai bermain api, yang justru bisa membakar organisasi. Hal ini akan membawa kost sangat besar, karena langkah ini tidak saja akan membahayakan eksistensi organisasi, tetapi juga menjadi preseden buruk, yang mau tidak mau menorehkan sejarah kelam, khususnya untuk Jember. Politik dilihat sebagai suatu hal yang mengarah kepada persolan–persoalan kekuasaan belaka, yang tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan pendidikan, apalagi PGRI.