Priwahyu Hartanti
Guru Matematika SMK Negeri 1 Jember
Mhs. Program Pend. Matematika PPS Univ.Negeri Malang
Guru Matematika SMK Negeri 1 Jember
Mhs. Program Pend. Matematika PPS Univ.Negeri Malang
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perolehan hasil belajar siswa melalui strategi bermain dengan alam. Subjek penelitian ini adalah 38 siswa kelas X MM SMK Negeri 1 Jember tahun 2007/2008. Langkah-langkah penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart dimana setiap siklus tindakan meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran dan pengamatan terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian digambarkan dengan menganalisis data kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini terlaksana dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika pada konsep Geometri dimensi tiga dengan menerapkan strategi bermain dengan alam dapat meningkatkan perolehan hasil belajar siswa, yaitu sebanyak 78,79 % siswa tuntas belajar. Selain aspek kognitif siswa meningkat, soft skills siswa juga meningkat yaitu dengan berkembangnya aspek afektif dan psikomotor.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perolehan hasil belajar siswa melalui strategi bermain dengan alam. Subjek penelitian ini adalah 38 siswa kelas X MM SMK Negeri 1 Jember tahun 2007/2008. Langkah-langkah penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart dimana setiap siklus tindakan meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran dan pengamatan terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian digambarkan dengan menganalisis data kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini terlaksana dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika pada konsep Geometri dimensi tiga dengan menerapkan strategi bermain dengan alam dapat meningkatkan perolehan hasil belajar siswa, yaitu sebanyak 78,79 % siswa tuntas belajar. Selain aspek kognitif siswa meningkat, soft skills siswa juga meningkat yaitu dengan berkembangnya aspek afektif dan psikomotor.